Kamis, 14 Januari 2016

PROFIL RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS IIB SITUBONDO

GAMBARAN UMUM RUTAN SITUBONDO



Berdasarkan pasal 18 ayat (1) PP No. 27 Tahun 1983, di tiap kabupaten atau kotamadya dibentuk Rutan. Namun kondisi yang terjadi di Indonesia adalah tidak semua kabupaten dan kotamadya di Indonesia memiliki rutan dan Lapas, sehingga Rutan difungsikan pula untuk menampung narapidana seperti halnya Lapas. Hal ini juga mengingat kondisi banyak Lapas yang ada di Indonesia, berdasarkan informasi dari berbagai sumber, telah melebihi kapasitas, karenanya terdakwa yang telah menjalani hukuman di Rutan, yang seharusnya pindah dari Rutan untuk menjalani hukuman ke Lapas, banyak yang tetap berada di dalam Rutan hingga masa hukuman mereka selesai. 

Rumah Tahanan Negara Klas IIB Situbondo adalah  merupakan Unit Pelaksana Teknis di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur  di bawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 

Rumah Tahanan Negara Klas IIB Situbondo, beralamat di Jalan Achmad Jakfar No. 03 Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Tepat berada disebelah Timur Alun-alun Kota Situbondo. Berdiri di atas tanah seluas: 4.678 M2.

Rumah Tahanan Negara Klas IIB Situbondo merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mempunyai tugas pokok dan fungsi melakukan pemasyarakatan dan pembinaan terhadap narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP). Dengan kapasitas 200 orang penghuni, Rutan Situbondo memiliki tiga buah blok hunian yang terdiri dari Satu blok untuk narapidana dan satu blok tahanan untuk WBP Pria dan 1 Blok Wanita.

2 komentar:

  1. TERIMAKASIH, Rutan Situbondo. telah memberi ruang proses utk kami bisa melakukan praktek kuliah lapangan.

    BalasHapus
  2. assalamualaikum , mohon maaf saya ingin bertanya apakah saya bisa menghubungi kakak saya yg ditahan di penjara/rutan/lapas situbondo Melalui telepon, krn kebetulan posisi saya di luar kota dan blm bisa kembali ke bondowoso krn pandemi, kalau bisa kemana saya harus menghubungi.? mohon bantuan informasinya

    BalasHapus